Home / Gamedev / 9 Cara Terbaik Untuk Memonetisasi Apps atau Game Anda
header-banner

9 Cara Terbaik Untuk Memonetisasi Apps atau Game Anda

Ada hampir ratusan cara bagi Anda yang bisa digunakan  untuk mendapatkan uang dari aplikasi atau game. Setiap tahun, sesuai dengan perubahan pasar yang terjadi, pengembang memunculkan cara yang baru. Tapi dalam artikel ini kita akan berkutat pada metode monetisasi terbaru yang akan menjadi besar di tahun 2013!

 1. Pembelian In-App

Mungkin cara yang paling sukses untuk mendapatkan penghasilan yang dapat mengkonversikan potensi menjadi uang tunai dalam jumlah besar  jika Anda serius berpikir melalui pembelian item oleh pengguna dalam permainan. Anda juga harus tahu bagaimana dan pada kondisi serta posisi apa untuk menyajikan fitur item yang bisa dibeli ini.

monetization 1

 2. Power Up dan Cara Mengupgradenya

Ini mungkin berupa senjata baru atau alat tertentu, pakaian atau lainnya yang mewakili item penting  bagi pengguna yang  mungkin diperlukan untuk membuka proses tertentu ketikan bermain.  Anda dapat memiliki permainan benar-benar gratis yang dapat sukses dimonetasi hanya dengan menawarkan barang-barang. Adalah ide bagus untuk mengembangkan item baru untuk setiap level permainan baru dan ingatlah:  lebih banyak item, lebih baik.

 

3. Manfaatkan Layar Pause/Jeda

Jika pengguna berhenti di tengah permainan, kemungkinan dia kehilangan minat akan game anda adalah kecil. Akan menjadi cukup cerdas bagi Anda untuk menggunakan layar pause tadi untuk mendorong pengguna untuk mendownload game Anda yang lain.

 

4. Penawaran Khusus

Menawarkan diskon bagi pengguna untuk pembelian sekaligus dari beberapa item dan membuat penawaran waktu yang terbatas. Cara ini terbukti membuat pengguna lebih mungkin menghabiskan uangnya. Ingat bahwa penjualan dan promosi tidak hanya bekerja dalam dunia nyata, mereka juga berpotensi besar dalam dunia aplikasi.

 

5. In Game Cross Promo

Adalah ide bagus untuk menawarkan kepada pengguna sebuah permainan baru saat ia sudah melihat layar  “Game over” dari game yang baru selesai dimainkannya. Hak promosi silang dapat menghasilkan banyak pendapatan, tetapi Anda harus memperhatikan bentuk tawaran dari Anda: pastikan popup iklan terlihat baik di game Anda dan desain kompatibel dengan yang ada di aplikasi Anda.

 

6. Integrasi Sosial

Games dengan konektivitas sosial yang nyata adalah pencuri trafik yang besar, dan lebih banyak trafik selalu berarti lebih banyak konversi. Dengan berbagi hasil permainan pada pengguna media sosial favorit mereka, hal ini akan menarik teman-teman mereka untuk bersaing, dan jelas kompetisi berarti menghabiskan lebih banyak lagi untuk game Anda.

Tambahkan tombol Twitter dan Facebook langsung ke menu game untuk menunjukkan betapa mudahnya untuk menggunakan fitur media sosial itu. Juga, adalah ide bagus untuk meningkatkan peringkat Anda dengan menawarkan fitur gratis untuk menyukai halaman Facebook Anda atau mengikuti Anda pada Twitter.

 

7. Freebies

Jika Anda dapat menentukan titik penting yang bisa membuat pengguna menjadi terpaku dalam permainan Anda, cobalah untuk memotivasi pengguna untuk tetap bermain dengan memberi mereka mata uang gratis atau ada bonus lain yang berguna untuk membuat mereka melanjutkan permainan. Agar  proses permaina  lebih menarik, buatlah dengan menampilkan cerita yang bagus di belakang setiap hadiah.

Juga pertimbangkan bukan hanya memberikan mata uang gratis kepada pengguna, tapi  ajarkan juga bagaimana cara  menemukannya, sehingga mereka tahu ke mana harus mencari ketika mereka benar-benar ingin membayar untuk fitur tersebut.

 

8. Mempercepat atau Otomatis

Hampir setiap game memiliki apa yang disebut “loop”, di mana pengguna harus menunggu sampai sesuatu selesai dilakukan (bangunan, memasak, dll). Tawarkan kepada mereka untuk mempercepat proses dengan menggunakan sedikit uang, dan Anda akan melihat seberapa besar konversi yang akan terjadi.

Juga, jika ada proses monoton dalam permainan, ketika pengguna diminta harus terus menekan layar untuk mencapai sesuatu, tawarkan kepada mereka fitur otomatis untuk melakukan hal itu (misalnya senapan mesin sebagai gantinya dari pengetukan konstan).

 

9. Barang di Luar dari Game

Kemungkinan ini adalah item termudah yang anda bisa buat Anda dan bisa dimonetisasi dengan hasil yang besar, jadi pikirkan untuk membuat dan menjual item wallpaper bertema game Anda,  kunci bergambar karakter game, bahkan musik dari permainan.

Waktu yang tepat untuk melakukan hal ini adalah  setelah game selesai, jika pengguna menikmati game  maka dia akan cenderung ingin membeli sesuatu seperti itu.

Ada juga sekelompok aspek lain yang tidak akan langsung berdampak  ke dalam bentuk penjualan langsung, tetapi akan menciptakan citra positif tentang game  Anda dan membuatnya lebih bermanfaat dan menyenangkan, yang mana adalah inti  utama Inti dari semua hal tersebut, yaitu:

  • Buat user interface minimalis yang tidak akan mengalihkan perhatian pengguna dari permainan
  • Sertakan tutorial ke dalam permainan Anda, ajarkan pengguna bagaimana membuka item baru atau teknik untuk power up, dll.  Hal ini akan secara dramatis meningkatkan monetisasi game Anda dan mengurangi jumlah review game yang buruk.

About Samuel Henry

Saya seorang Gamer. Itu pekerjaan utama saya, sementara sampingan yang lain adalah Pembicara baik untuk bidang Teknologi & Softskill, juga sering menjadi Coach & Trainer untuk bidang IT, saya penulis buku, dan saat ini saya menjadi Mentor di Jogja Digital Valley (JDV) Hobby saya menulis, melukis dan menggambar serta mendengar musik. Saya suka topik kreativitas, karena saya percaya kita mendapat anugerah kreatif agar kita tidak lupa menjadi bagian dari Pencipta.