Home / Edukasi / Asteroid Blaster Space Shooter: Hasil setelah 7 hari
App-Store-Optimization

Asteroid Blaster Space Shooter: Hasil setelah 7 hari

Sudah seminggu setelah game clone saya Asteroid Blaster Space Shooter nampang di Googleplay. Bagaimana hasilnya?Sesuai dengan janji saya, sesudah 1 minggu saya coba memberikan hasilnya di artikel ini. Semoga bisa menjadi bahan referensi bagi teman-teman gamedev pemula lainnya.

Saya murni bermain dengan ASO (Appstore Search engine Optimization) dan tidak memposting di berbagai forum kecuali hanya Facebook saja. Itupun hanya 1 kali saya publish yaitu dengan cara sharing artikel game ini minggu lalu. Sementara untuk penyebaran link, saya menggunakan Google shorterner dengan alamat: http://goo.gl/HzvF4N. Link ini yang saya populerkan di video dan artikel, bukan link via image atau yang lain. Di masa depan, saya akan mencoba mengimplementasikan QR code seperti ini.

Saya tidak melakukan blog walking, promosi ke forum lain, atau kampanye promosi online lainnya. Sedikit eksperimen saya tambahkan hanyalah menyelipkan video promosi saat ada event lomba launch party di STMIK Amikom. Itu pun terbatas hanya di area event saja. Hasilnya bagaimana? Ini dia…

Screenshot_2014-03-02-23-09-17

 

Seperti yang anda lihat, game saya ini sudah masuk ke ranking 11 dari 36 minggu lalu dengan kata kunci “Asteroid Blaster”. Jadi mengenai sasaran saya kira. Secara keseluruhan ini dia hasil perbandingan:

  • Naik ke posisi 11 (2 Maret 2014) dari posisi 36 pada tanggal 26 Feb lalu. Jadi dalam 7 hari saja sejak dirilis di Googleplay sudah hampir bisa mencapai 10 teratas dengan kata kunci target.
  • Dengan kata kunci tunggal “Asteroid” dari posisi 198 di tanggal 26 Feb naik ke posisi 170. Padahal tanggal 23 Feb 2014 (awal rilis) tidak muncul sama sekali.
  • Keyword tambahan “Space Shooter” kini memiliki pengaruh dan tampaknya menaikkan posisinya. Dengan kata kunci ini bahkan pada tanggal 26 Feb belum menunjukkan hasil. Tapi sekarang setelah 7 hari (sejak rilis tanggal 23 Februari 2014) sudah bertengger di posisi 133. Tampaknya kata kunci kedua ini malah lebih  memiliki dampak 😀
  • Jumlah download hanya sekitar belasan orang saja (data tanggal 2 Maret 2014 – bisa jadi lebih karena update data tidak realtime dari Googleplay)

Pertanyaan berikutnya yang muncul dengan kondisi diatas adalah:

  • Apakah posisi yang naik ini bisa membantu promosi secara keseluruhan? Dalam artian membantu jumlah download karena terekspos ke ranking 10 besar dengan kata kunci target.
  • Mengapa kata kunci kedua lebih berdampak kepada ranking dibanding kenaikan kata kunci pertama? Apakah ada dampak dari keyword kedua ini pada title?
  • Bagaimana dampak dari deskripsi dan video? Sejauh mana pengaruhnya?
  • Bagaimana posisi game sejenis lainnya?

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah: saya melakukan eksperimen diatas karena terinspirasi ucapan pakar dari Googleplay yang menyatakan:

Setiap hari hampir 900 aplikasi diunggah ke Googleplay. Bagaimana agar aplikasi anda terekspos dengan baik? Itulah dasar dari eksperimen ini. Mari kita lihat kebenaran dan kenyataan dari kata-kata beliau.

 

 

About Samuel Henry

Saya seorang Gamer. Itu pekerjaan utama saya, sementara sampingan yang lain adalah Pembicara baik untuk bidang Teknologi & Softskill, juga sering menjadi Coach & Trainer untuk bidang IT, saya penulis buku, dan saat ini saya menjadi Mentor di Jogja Digital Valley (JDV) Hobby saya menulis, melukis dan menggambar serta mendengar musik. Saya suka topik kreativitas, karena saya percaya kita mendapat anugerah kreatif agar kita tidak lupa menjadi bagian dari Pencipta.