Home / Edukasi / Asteroid Blaster Space Shooter – Sebuah game clone
asteroid blaster space shooter

Asteroid Blaster Space Shooter – Sebuah game clone

Saya tertarik dengan model penyebaran game Flappy Bird. Jadi untuk eksperimen, saya membuat sebuah game clone dengan model retro arcade dan menyisipkan mode MADNESS alias endless yang sulit seperti yang ada didalam game flappy bird. Anda bisa download dari: http://goo.gl/HzvF4N

Apakah strategi pemasaran minim dengan mengandalkan optimalisasi keyword dan model penyebaran mulut lewat mulut bisa memberikan efek yang bagus?

Eksperimen ini saya lakukan karena melihat virality dari game model flappy bird. Apakah prosesnya bisa ditiru dan diimplementasikan? Saya membuat sebuah game clone dengan strategi pemasaran model mulut lewat mulut. Tidak mempostingnya ke forum manapun kecuali di website ini dan Facebook tentunya.


Saya akan menganalisa perjalanannya sampai beberapa waktu kedepan dan akan saya sampaikan ulasannya disini agar anda bisa melihat prosesnya bersama. Di awal, saya hanya menggunakan strategi:

  1. Memanfaatkan ASO (Appstore Search engine Optimalization) di Googleplay dengan meletakkan keyword yang ingin saya promosikan yaitu Asteroid Blaster Space Shooter.
  2. Mengulangi keyword beberapa kali didalam deskripsi dan membuat deksripsi menarik dengan kalimat yang mengundang penasaran.
  3. Membuat screenshot dengan penjelasan singkat, namun penyusunan dibuat berurutan dari awal permainan sampai ke akhir. Gambar disusun sedemikian rupa agar pengunjung bisa merasakan urutan penyajian dengan mudah.
  4. Membuat video terkait game dengan memamerkan level MADNESS sebagai mode terlawas selama 60 detik pertama dari video. Dan juga tidak lupa membuatnya ke Youtube disertai dengan link.
  5. Video hanya berdurasi 5 menit dengan beberapa teks penjelasan didalamnya. Tersedia link ke Googleplay dengan metode redirect/shortener dari Google juga.
  6. Ikon dibuat mewakili screenshot sebenarnya, karena banyak game belakangan ini yang membuat screenshot yang lain dari tampilan game yang sesungguhnya.
  7. Ukuran game sengaja saya pilih sekitar 10MB agar melihat pengaruh ukuran file dengan trend download
  8. Sengaja saya tidak membuat iklan didalamnya agar bisa melihat dampak game  yang benar-benar tanpa iklan. Tentunya nanti saya akan menempatkan iklan  bisa trafik sudah mulai menanjak. Ini adalah sebagian dari strategi eksperimen.

Game ini sudah saya upload sejak tanggal 23 Februari dengan kondisi:

  • Posisi nomor 36 melalui kata kunci “Asteroid Blaster”, dan tidak masuk ke dalam 250 daftar game yang ditampilkan dengan kata kunci “Asteroid”
  • Tanggal 26 Februari 2014 sudah mencapai posisi 26 dengan kata kunci”Asteroid Blaster” dan masuk ke posisi 198 dengan kata kunci “Asteroid”
  • Keyword tambahan “space shooter” tidak memberikan efek sampai 250 tampilan
  • Download hanya dilakukan 3 orang dengan rate tertinggi
  • Sebenarnya sudah ada 5 game sejenis yang mirip dan saat di awal pemilihan kata kunci sangat berdampak dengan posisi awal mulai game di Googleplay

Kita akan melihat perkembangannya bila dilakukan dengan pemasaran model mulut lewat mulut alias todong teman/kenalan. Jadi seberapa besar efek dari strategi ini? Kita akan lihat saja di artikel berikutnya.

 

 

 

About Samuel Henry

Saya seorang Gamer. Itu pekerjaan utama saya, sementara sampingan yang lain adalah Pembicara baik untuk bidang Teknologi & Softskill, juga sering menjadi Coach & Trainer untuk bidang IT, saya penulis buku, dan saat ini saya menjadi Mentor di Jogja Digital Valley (JDV) Hobby saya menulis, melukis dan menggambar serta mendengar musik. Saya suka topik kreativitas, karena saya percaya kita mendapat anugerah kreatif agar kita tidak lupa menjadi bagian dari Pencipta.