Home / Entrepreneur / BASIC MARKETING – Student Entrepreneur Training
Basic Marketing and Market Segmentation - Samuel Henry

BASIC MARKETING – Student Entrepreneur Training

Pemasaran adalah salah satu topik yang sulit dipahami apalagi dilakukan oleh para pebisnis pemula. Banyak yang mengira pemasaran hanya berupa strategi atau taktik semata. Padahal pemasaran jauh lebih luas dari itu.

Namun untuk pemula, pemasaran tradisional tidak lagi terlalu ramah. Umumnya disebabkan oleh metodenya yang tidak selalu bisa diadopsi oleh pemula baik dari sisi teknis dan dana. Disinilah saya melihat adanya perbedaan yang signifikan antara pemasaran untuk perusahaan yang sudah berjalan baik (well established) dibanding dengan bisnis yang baru dijalankan.

Modern Marketing-schoolSebagai entrepreneur pemula dibutuhkan beberapa taktik yang berbeda dengan model pemasaran tradisional yang biasa. Dengan memanfaatkan teknologi, banyak cara atau model pemasaran (bisa disebutkan model pemasaran gerilya). Intinya adalah memanfaatkan teknologi internet dan mobile yang nyaris gratis saat ini. Dana tidak lagi menjadi masalah. Platform untuk itu tersedia dimana-mana, contoh mudahnya seperti fanpage di Facebook dan banyak lagi.

Apakah anda pernah memanfaatkan satu atau  beberapa teknologi tersebut untuk pemasaran anda? Mengapa tidak anda lakukan mulai saat ini? Pemasaran online adalah salah satu metode yang membebaskan banyak masalah pebisnis pemula jika digunakan dengan benar.

Pengetahuan akan pemasaran tradisional memang baik. Tapi pengetahuan saja tidak cukup tanpa  mengikuti perkembangan jaman dan saat ini penggunaan teknologi internet memberikan peluang lebih kepada pebisnis pemula untuk bisa bersaing dengan pebisnis yang sudah mapan.  Dengan menggunakan kelebihan itu, maka posisi pebisnis pemula lebih berpeluang dan semakin meminimalkan resiko kegagalan yang biasanya sering membuat pemula gagal dalam menumbuhkan bisnisnya melalui bidang pemasaran.

Instagram tidak lagi hanya platform gambar online tapi juga digunakan sebagai media promosi, itu adalah bentuk pemasaran online yang bisa dilakukan oleh pemula. Jika dibandingkan dengan platform pemasaran online lainnya yang berbayar, platform yang nyaris gratis ini tidak kalah bermanfaat. Anda kini sudah tahu salah satu contoh penggunaan pemasaran online secara praktis bukan? Pernahkan terpikirkan anda sebelumnya?

old versus online marketing

Tapi mengetahui tools tidak berarti masalah pemasaran sudah berakhir. Tetap dibutuhkan pemahaman dasar atau teori. Didalam materi yang saya bawakan, saya memberikan beberapa contoh pengertian atau defenisi akademik yang harus juga anda pahami. Ini akan memperluas wawasan anda tentunya. Yang terpenting adalah apa yang disebut dengan pemasaran sebenarnya dalam implementasi praktis.

Tidak mungkin menjelaskan pemasaran dengan sedikit waktu dan slide yang terbatas. Namun saya memberikan titik awal untuk para pebisnis pemula (calon entrepreneur) di Student Entrepreneur Training yang dilaksanakan di STMIK AMIKOM Yogyakarta pada tanggal 12 November 2014 ini. Beberapa poin yang saya bahas bisa dikembangkan dengan menggunakan Google untuk menemukan arti, implementasi dan contoh kasus yang terkait.

Jika anda tertarik dengan materinya, silahkan klik salah satu link dari social  media dibawah ini. Link akan segera terbuka dan anda bisa mendownload file dalam format PDF.

[sociallocker]Materi training dalam bentuk PDF bisa anda download di link ini.[/sociallocker]

 

About Samuel Henry

Saya seorang Gamer. Itu pekerjaan utama saya, sementara sampingan yang lain adalah Pembicara baik untuk bidang Teknologi & Softskill, juga sering menjadi Coach & Trainer untuk bidang IT, saya penulis buku, dan saat ini saya menjadi Mentor di Jogja Digital Valley (JDV) Hobby saya menulis, melukis dan menggambar serta mendengar musik. Saya suka topik kreativitas, karena saya percaya kita mendapat anugerah kreatif agar kita tidak lupa menjadi bagian dari Pencipta.