Home / Edukasi / Game Edukasi BPMPK Semarang
whatsapp-image-2016-10-12-at-4-36-00-pm

Game Edukasi BPMPK Semarang

Saat ini saya sedang mengerjakan tahap akhir dari prototype game edukasi untuk projek BPMPK Semarang. Bersama tim development dari lokal Jogja, kami membuat game mobile berbentuk kuis dengan dasar pemikiran bahwa game model trivia tetap digemari saat ini.

Menurut pihak BPMPK Semarang, mereka tertarik membuat game kuis karena melihat perkembangan game mobile yang sangat pesat namun tidak sepenuhnya dimanfaatkan potensinya untuk edukasi oleh dunia pendidikan. BPMPK Semarang berinisiatif membuat game yang mengedukasi sekaligus menghibur.

whatsapp-image-2016-10-12-at-4-36-00-pm    2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ide dasar diambil dari game model Duel Otak yaitu game sejenis trivia dengan model kuis dimana pemain bisa saling menantang lawannya untuk bertanding penguasaan ilmu topik tertentu. Pada tahap awal, BPMPK mengajak saya dan tim dalam bentuk pelatihan. Bisa anda baca artikelnya disini.

Kelanjutan dari pelatihan ini adalah pembuatan prototype game kuis dengan nama saat ini adalah Game Pintar. Penyempuraan terus dilakukan dengan mengirimkan 3 tenaga pendukung dari Semarang yang dilatih oleh tim saya di JDV selama beberapa hari. Dari masukan mereka kita melakukan perbaikan sehingga akhirnya produk final dapat dicapai.

Saat ini sudah dimasukkan lebih dari 250 soal untuk diuji coba di level penguji dari BPMPK Semarang. Besar harapan kami kalau game ini akan bisa meluncur di awal 2017 dan bisa melengkapi game edukasi yang sesuai untuk siswa kita.

About Samuel Henry

Saya seorang Gamer. Itu pekerjaan utama saya, sementara sampingan yang lain adalah Pembicara baik untuk bidang Teknologi & Softskill, juga sering menjadi Coach & Trainer untuk bidang IT, saya penulis buku, dan saat ini saya menjadi Mentor di Jogja Digital Valley (JDV) Hobby saya menulis, melukis dan menggambar serta mendengar musik. Saya suka topik kreativitas, karena saya percaya kita mendapat anugerah kreatif agar kita tidak lupa menjadi bagian dari Pencipta.