Home / Edukasi / Game Pemilu 2014

Game Pemilu 2014

Tanggal 26 Februari 2014 lalu secara resmi Game Pemilu 2014 diluncurkan. Dengan mengadakan seminar mengenai Advergame, saya sebagai manajer divisi Gamedev dari PT. GITSolution bersama dengan 4 studio lokal di Jogja membuat launching event.

Di acara ini banyak pihak yang diundang dengan maksud tujuan untuk mengenalkan manfaat game selain hanya sekedar permainan biasa. Dengan menggunakan smartphone Android, Game Pemilu menjadi salah satu alat edukasi dan sosialisasi bahkan bisa menjadi alternatif kampanye bagi segmen anak muda.

 

 

Game ini sendiri memiliki fitur unik yaitu menampilkan data statistik via website dari rekam jejak kegiatan dan aktivitas para pemainnya. Bisa terlihat partai yang favorit, capres favorit dan juga dana virtual yang disumbangkan para game pendukung partai tersebut.

Tujuan dari pembuatan game ini adalah untuk menunjukkan bahwa anak muda juga memiliki perhatian dengan kondisi saat ini yang mana banyak generasi muda memilih golput. Gameplay permainan diadopsi dari beberapa ga,e terkenal seperti Candy Crush dan Flappy Bird.

Untuk mencicipinya, silahkan download dari Googleplay, ini linknya: http://goo.gl/iqfL32

Sebenarnya game ini bukan aneh di dunia politik karena beberapa Capres dan Kepala Pemerintah seperti Obama, PM Jepang, dan yang lainnya sudah pernah mencoba membuat game kampanye. Memang banyak yang aneh dan bersifat komedi. Namun Game Pemilu 2014 ini saya desain agar bisa menjadi alat edukasi dan sosialisasi Pemilu.

 

About Samuel Henry

Saya seorang Gamer. Itu pekerjaan utama saya, sementara sampingan yang lain adalah Pembicara baik untuk bidang Teknologi & Softskill, juga sering menjadi Coach & Trainer untuk bidang IT, saya penulis buku, dan saat ini saya menjadi Mentor di Jogja Digital Valley (JDV) Hobby saya menulis, melukis dan menggambar serta mendengar musik. Saya suka topik kreativitas, karena saya percaya kita mendapat anugerah kreatif agar kita tidak lupa menjadi bagian dari Pencipta.