Home / Desain Game / How to become a game designer

How to become a game designer

Saya menemukan infographics mengenai game designer. Cukup menarik untuk ditampilkan disini. Saya akan memberikan pembahasan sedikit dibagian bawah dari infographics tersebut.

Banyak yang mengira bahwa game designer itu adalah karir yang mudah. Jika sudah sering memainkan game (hardcore gamer) maka memilih karir menjadi game designer tidak akan terlalu sulit. “Hanya membiasakan diri saja” istilahnya, benarkah demikian? Coba anda cermati infographics dibawah ini…

How to Become a Game DesignerCourtesy of: Schools.com

Sudah menemukan bagian yang paling penting? Semoga benar tebakan anda: Key Skill. Coba perhatikan, selain pengetahuan teknis (bisa mendukung tapi tidak menjadi prioritas pertama), yang dibutuhkan adalah pengetahuan tentang  game-theory, good communication skill, creative thinking, kuat di skill story telling dan narative serta bisa menjadi team player sekaligus individual. Malah pengetahuan teknis dan programming diletakkan terakhir, bukan berarti tidak penting tapi key skill yang lain merupakan prioritas.

Seorang gamer bisa saja banyak tahu dan paham tentang berbagai jenis game. Tapi pengetahuan otodidak itu saja tidak cukup. Perkembangan game dan teknologi pendukungnya sangat cepat berganti. Pasar juga bervariasi dan mengalami berbagai perubahan dari berbagai sisi. Tanpa landasan teori yang kuat dan banyak referensi, seorang game designer tidak akan bisa mengikuti kecepatan industri game.

Sekilas industri game berputar di masalah itu-itu saja. Banyak game yang didaur ulang, banyak game merupakan sekuel lanjutan. Itu hanya salah satu bentuk kongesti atau penumpukan inovasi yang tidak bisa mengeluarkan satu terobosan baru. Disinilah key skill berperan besar. Untuk mengalahkan kompetitor lain, anda harus menguasai Key Skill yang dituntut dari seorang game designer. Jika anda cermati, dari 6 key skill, 5 diantaranya adalah softskill. Jadi, menjadi seorang gamer bukan berarti anda menguasai dasar untuk menjadi game designer. Walaupun tidak dipungkiri bahwa game designer selalu bermula dari kecintaan akan game dan keinginan berkarir di bidang industri game.

Apakah anda sudah memiliki key skill diatas?…

 

About Samuel Henry

Saya seorang Gamer. Itu pekerjaan utama saya, sementara sampingan yang lain adalah Pembicara baik untuk bidang Teknologi & Softskill, juga sering menjadi Coach & Trainer untuk bidang IT, saya penulis buku, dan saat ini saya menjadi Mentor di Jogja Digital Valley (JDV) Hobby saya menulis, melukis dan menggambar serta mendengar musik. Saya suka topik kreativitas, karena saya percaya kita mendapat anugerah kreatif agar kita tidak lupa menjadi bagian dari Pencipta.