Home / Entrepreneur / Kenapa Startup Gagal?
startup failure

Kenapa Startup Gagal?

Gampang membaca kisah orang sukses. Kita akan termotivasi dan semangat kita akan kembali membara. Tapi itu hanya satu sisi dari koin saja. Ada sisi lain yaitu kisah kegagalan. Banyak orang yang tidak suka dengan kisah seperti ini.

Tapi tahukan anda bahwa kisah kegagalan jauh lebih banyak mengajarkan sesuatu kepada kita. Kisah kesuksesan memang bagus untuk motivasi dan semangat. Tapi kisah kegagalan memberikan kita peringatan dan fakta yang ada didepan mata. Startup adalah dunia yang penuh dengan ketidakpastian, secara logis akan banyak aral melintang didalamnya. Jadi sangat penting untuk belajar bagaimana menghindari kegagalan yang mungkin bisa saja terjadi.

Bukankah belajar dari pengalaman buruk orang lain bisa memperbesar peluang kesuksesan anda? Karena bila hanya belajar dari kisah sukses, maka anda hanya berpatokan ke satu jalan saja. Dan kemungkinan jalan itu tidak selalu cocok dengan diri anda. Namun kegagalan bisa menghantui banyak orang.

Salah satu pembelajaran yang perlu dicermati para pelaku startup adalah bagaimana menghindari, menghadapi, melewati kegagalan yang bisa berulang kali datang didepan mata.


 

Saya sudah mengalami belasan kali kegagalan dalam berbagai bisnis saya. Tidak seperti yang diduga orang atau bahkan oleh diri saya sendiri, saya semakin kuat dan memahami karakter diri saya sendiri. Saya paham dimana kelebihan dan kekurangan saya. Sehingga saya semakin bisa melakukan suatu pekerjaan/bisnis dengan lebih efisien dan peluang berhasilnya semakin besar.

Proses yang saya alami sebenarnya sudah jamak dialami oleh para wirausaha lainnya diberbagai belahan dunia. Jika bertahan, maka pengalaman itu akan semakin menempa mental dan skill yang kita miliki. Jika tidak, maka kita akan mudah hancur dan patah semangat bahkan mundur/menyerah.

Dari berbagai pengalaman kegagalan startup kita bisa belajar, merenung dan merefleksikan ke diri kita. Apakah hal yang sama sedang terjadi atau kemungkinan bisa terjadi? Apa yang harus kita lakukan? Jika anda membaca artikel saya sebelumnya “Apakah Startup Cocok untuk Anda?”, didalamnya ada infografik yang salah satunya menyatakan bahwa faktor kegagalan dari startup yang mencapai 99% adalah “Kegagalan di Perencanaan dan Pengalaman“.

Poin penting dalam perencanaan dan pengalaman adalah antisipasi dan mental. Dengan perencanaan anda sudah belajar mengantisipasi. Dengan pengalaman anda bisa menempa mental. Anda bisa belajar dari pengalaman buruk orang lain. Apa saja itu? Silahkan baca materi seminar saya disebelah atas (link ke slideshare). Saya memberikan seminar bertema kegagalan ini didepan tenant Inkubator Inovasi Teknologi Yogyakarta di minggu terakhir Agustus 2014 lalu.

Ada 10 faktor terbesar penyebab kegagalan saya bahas didalam presentasi tersebut. Sebenarnya ada lagi yang lain, tapi saya memilih 10 faktor ini karena saya sering melihat faktor tersebut dari tenant yang selama ini saya bimbing atau saya kenal.

Jika anda tidak setuju dengan isinya, bukan berarti saya salah. Bisa jadi anda belum mengalaminya. Jadi ada baiknya ada antisipasi dari sekarang bukan?

 

About Samuel Henry

Saya seorang Gamer. Itu pekerjaan utama saya, sementara sampingan yang lain adalah Pembicara baik untuk bidang Teknologi & Softskill, juga sering menjadi Coach & Trainer untuk bidang IT, saya penulis buku, dan saat ini saya menjadi Mentor di Jogja Digital Valley (JDV) Hobby saya menulis, melukis dan menggambar serta mendengar musik. Saya suka topik kreativitas, karena saya percaya kita mendapat anugerah kreatif agar kita tidak lupa menjadi bagian dari Pencipta.