Home / Edukasi / Ketika Sesuatu Tidak Berjalan Seperti Yang Diinginkan

Ketika Sesuatu Tidak Berjalan Seperti Yang Diinginkan

Tulisan ini saya buat untuk  memberikan sedikit analisa dan perenungan bagi teman-teman pelaku startup yang mengalami masalah. Ketika terjadi kejadian yang tidak diinginkan dan hal itu membuat mental dan semangat anda menurun drastis. Apa yang harus dilakukan? Apa yang sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu? Tidak mudah menjawabnya. Semoga tulisan pendek ini bisa memberikan sedikit dorongan yang bermanfaat bagi anda terlepas dari apapun keputusan yang ingin anda ambil.

Beberapa waktu lalu ada keputusan yang mengejutkan saya sebagai mentor. Salah satu tenant startup mengalami penyelesaian masa inkubasi (istilah formalnya diterminated alias distop). Terlepas dari penyebabnya, penghentian program inkubasi ini sangat memukul founder dari startup tersebut. Selama ini saya mengenalnya sebagai sosok yang semangat, ceria dan pantang menyerah. Tapi mungkin kejadian yang tidak disangka-sangka itu membuatnya cukup goyang dan gamang.

Bagaimana dengan kelanjutan dari startupnya? Apakah bisa jalan lagi atau harus terhenti sampai tahap ini?

Selama ini saya banyak melihat berbagai startup yang mengalami masalah. Tidak selamanya masalah itu berkaitan dengan masalah teknis. Banyak yang merupakan hasil permasalahan non-teknis dan cukup kompleks. Keterbatasan pengalaman, dana dan tim semakin menambah kompleksitas masalah.

Artikel ini tidak saya maksudkan sebagai pembahasan untuk masalah anda. Tapi lebih dari itu, saya mengutip banyak kutipan bagus dari berbagai praktisi, pelaku usaha, startup yang sukses dan banyak individu lainnya yang cukup makan garam di dunia bisnis termasuk dunia startup.

Menurut saya, belajar merenung dan melihat apa yang dipikirkan dan dilakukan oleh orang lain yang terbukti sudah sukses melewati masa-masa suram adalah salah satu cara untuk mulai segera bangkit. Ketika anda mengalami kegagalan, masalah berat dan tidak bisa berpikir: mulailah mencari bagaimana orang lain berpikir dan bertindak!

Beberapa kutipan dibawah ini saya ambil dari berbagai sumber internet. Saya memilihnya dan membaginya kedalam beberapa urutan agar membuat anda bisa merenung isi dan makna yang terkandung didalamnya. Selamat merefleksikan isi kutipan ini kedalam hidup dan pengalaman anda…

 

01

Jangan langsung menyerah. Jangan langsung setuju dengan pendapat orang yang mengatakan bahwa produk atau layanan anda tidak akan laku. Itu hanya asumsi, dan anda bisa menyetujuinya segera atau membuktikan bahwa hal itu salah. Barulah asumsi tadi tervalidasi.

Kejadian buruk yang terjadi belum tentu menjadi penentu untuk selamanya. Malah sering pula hanya menjadi kendala sementara. Tapi jika anda memilih berhenti maka potensi anda akan terhenti pula.

02

Kegamangan hanya muncul beberapa saat. Lebih baik kita segera memikirkan bahwa masih ada alternatif lain yang layak untuk dicoba. Kegagalan bukanlah akhir segalanya.

Terlalu banyak pelaku startup yang mengejar metrik positif. Seakan-akan ciri positif adalah penentu segalanya. Namun benarkah demikian. Saya kira tidak. Malah masalah, kegagalan, kebingungan, dan kendala lainnya lebih sering menjadikan anda lebih tangguh dan ulet dalam mencari solusi yang lebih tepat.

03

Ya, memang ketika kita mengalami masalah: dunia bisa menjadi musuh. Kita bahkan membenci diri kita selain menyalahkan orang lain. Tapi apakah harus dengan demikian? Sebelum mencari solusi yang cocok untuk anda temukan, ambillah waktu untuk merenung agar mental dan semangat serta jiwa anda tetap terjaga dan anda tidak hanya sekedar menghibur diri.

Tidak ada salahnya dalam masa mengalami masalah kita merenung lebih banyak. Kejadian yang tidak kita harapkan sebaiknya dibuat menjadi pelajaran. Dan untuk penutup, saya ambilkan kutipan yang baik menurut saya. Selamat merenung dan mendapatkan pencerahan.

04

 

 

About Samuel Henry

Saya seorang Gamer. Itu pekerjaan utama saya, sementara sampingan yang lain adalah Pembicara baik untuk bidang Teknologi & Softskill, juga sering menjadi Coach & Trainer untuk bidang IT, saya penulis buku, dan saat ini saya menjadi Mentor di Jogja Digital Valley (JDV) Hobby saya menulis, melukis dan menggambar serta mendengar musik. Saya suka topik kreativitas, karena saya percaya kita mendapat anugerah kreatif agar kita tidak lupa menjadi bagian dari Pencipta.