Home / Edukasi / Ketika Video Games Bisa Berbahaya
05 carpal tunnel s

Ketika Video Games Bisa Berbahaya

Biasanya saya selalu mengedepankan aspek positif dari game. Tapi, seperti yang umum kita ketahui, pasti ada aspek negatifnya bila berlebihan.

Artikel ini adalah salah satu yang ikut berpartisipasi menyebarkan berita: bagaimana video game bisa berbahaya bila dimainkan secara berlebihan. Saya menemukan hal itu ketika mendapatkan link ke website http://gamearthritis.org/ dan jujur saja, saya juga mengalami salah satu simptom dari efek yang dipaparkan didalamnya.

Karena bermain video game dalam jumlah waktu yang banyak – walaupun saya sudah membatasi dan melakukan olah raga di bagian lengan dan jari-jari – ada efek samping yang tidak terelakkan. Jari-jari tangan kanan saya (yang memegang mouse) sekarang sangat mudah kaku dan jari manis tangan sebelah kiri mengalami WASD Syndrome skala ringan. Ini akibat game FPS yang menjadi kesenangan saya.

Untuk lengkapnya, silahkan mengunjungi website tersebut. Dibawah ini saya mencoba menyalin beberapa foto dari efek yang paling fatal dari akibat bermain video game dalam skala maksimal. Berapa ukuran maksimal? Mungkin masing-masing dari kita sudah bisa mengukurnya sendiri. Gambar dibawah ini hanya sebagian dari beberapa syndrome yang dipaparkan. Anda bisa mengklik pada gambar di website tersebut dan anda akan masuk ke halaman yang dilengkapi keterangan syndrome dan referensi riset/penelitian yang terkait.

 

 ATARI SKINNING

01 atari skinning

 

 FPS Carpal Tunnel Syndrome

05 carpal tunnel

WASD Syndrome

05 wasd

 

Untunglah saya segera melakukan latihan fisik dan terapi sehingga efek dari FSP Carpal Tunnel dan WAD Syndrome tidak menjadi akut. Sayangnya, efek ringan masih tetap muncul sampai saat sekarang. Terutama setelah saya lama menggunakan mouse (untuk tangan kanan) atau ketika sudah lelah mengetik (untuk jari manis tangan sebelah kiri).

Jadi, jika anda seorang gamer atau anda mengenal seseorang yang sangat kecanduan game. Berikan saja peringatan tentang efek bermain game berlebihan ini. Linknya adalah sbb: http://gamearthritis.org/

Beberapa video terkait di Youtube yang memberikan penjelasan praktis mengenai latihan/senam untuk menghindari efek dari FPS Carpal Tunnel syndrom diatas (saya sudah mempraktikkannya karena sangat membantu meringankan rasa sakit yang muncul):

 

 

 

About Samuel Henry

Saya seorang Gamer. Itu pekerjaan utama saya, sementara sampingan yang lain adalah Pembicara baik untuk bidang Teknologi & Softskill, juga sering menjadi Coach & Trainer untuk bidang IT, saya penulis buku, dan saat ini saya menjadi Mentor di Jogja Digital Valley (JDV) Hobby saya menulis, melukis dan menggambar serta mendengar musik. Saya suka topik kreativitas, karena saya percaya kita mendapat anugerah kreatif agar kita tidak lupa menjadi bagian dari Pencipta.