Home / Entrepreneur / Manfaat Besar Jika Kamu Mencoba Ikut Indigo Incubator 2015

Manfaat Besar Jika Kamu Mencoba Ikut Indigo Incubator 2015

Program Indigo Incubator 2015 dilakukan dengan cara yang sedikit berbeda tapi jadi besar manfaatnya. Kali ini peserta yang mendaftarkan diri untuk ikut akan diberikan kesempatan untuk mengikuti program inklusif selama 1 bulan untuk masuk ke tahap seleksi utama. Manfaat program ini sangat besar sekalipun anda gagal lolos seleksi nantinya! Lho?

Pada pelaksanaan program Indigo Incubator tahun-tahun sebelumnya, peserta baru diberikan program inkubasi setelah lolos saringan. Sayangnya jumlah yang lolos sangat sedikit karena program Indigo Incubator memang ditujukan hanya untuk startup yang dinilai sangat berpotensi.

Dengan cara seperti ini, maka hanya peserta yang lolos saja yang mendapatkan manfaat maksimal dari program inkubasi dan jumlahnya sangat sedikit dari banyaknya peminat (tahun 2014 lalu saja hanya ada 17 startup yang diinkubasi dari 400 lebih submission).

Sesuai dengan metode Lean Startup yang menjadi dasar pelaksanaan program Indigo Incubator, maka kalau dianggap program inkubasi ini adalah produk (BUILD) lalu ketika dilakukan evaluasi sebagai bentuk pengukuran (MEASURE), didapat data yang dijadikan bahan analisa dan titik perbaikan (LEARN). Masalah utama yang dilihat penting adalah bagaimana memaksimalkan knowledge dan pemahaman yang lebih baik mengenai cara mendirikan dan menjalankan startup yang berpeluang untuk sukses tidak hanya untuk startup dalam jumlah terbatas.

Bagaimana cara membuat semua startup lebih berpotensi untuk bisa belajar dan melakukan perbaikan serta mengetahui kelemahan atau faktor apa yang membuat mereka gagal?

Belajar dari data yang didapat selama pelaksanaan program inkubasi beberapa tahun ini, kini dibuat terobosan dimana semua startup yang mendaftar bisa mendapatkan program pre-inkubasi yaitu “Customer & Idea Validation” selama 1 bulan. Detail rencana pelaksanaan program pre-inkubasi ini adalah seperti berikut:

Slide22

Jadi tampak dari slide diatas, tidak ada masalah walaupun anda berada di luar jangkauan dari BDV atau JDV karena anda bisa mengakses online streaming dari acara tersebut. Tentu startup anda harus terdaftar sebelumnya…

Program ini adalah bagian dari Problem Solution Fit yang menjadi bagian awal dari metodologi LEAN STARTUP. Dengan mengikuti program ini, para peserta akan diberikan pelatihan selama 4 minggu berturut-turut dengan topik pembahasan dan tantangan (challenge) yang berbeda. Setiap tantangan harus dikerjakan dan hasilnya akan menjadi pertimbangan penilaian untuk seleksi utama. Dibawah ini adalah agenda dari topik yang akan diberikan kepada startup yang terdaftar. Setiap minggu (dari W0 – W4) setiap startup harus menyelesaikan challenge task sebagai bagian dari proses seleksi.

Slide23

Manfaat dari mengikuti pelatihan adalah peserta menjadi tahu dengan baik konsep dan cara melaksanakan tahap awal dari metodologi LEAN STARTUP. Di tahap awal inilah sering startup mengalami masalah dengan langsung membuat produk atau prototype dari ide tanpa memvalidasi dengan baik dan benar apakah ada pasar atau pelanggan potensial yang mau menggunakan atau membeli produk yang dibuat?

Bisa jadi anda memiliki kemampuan untuk membuat produk dengan baik. Saya meyakini hal itu karena sudah banyak melihat dan mengakui kemampuan teknis anak muda Indonesia tidak kalah dengan orang luar. Tapi kemampuan ini tidak dibarengi dengan kemampuan untuk hal Customer Development. Sehingga sering kali produk yang dibuat tidak ada pasarnya, atau bukan masalah yang dihadapi oleh pelanggan yang disasar oleh mereka. Jadi sering kali produk yang dibuat dalam waktu yang cukup lama dengan pengorbanan yang besar akan mengalami kegagalan. Jika startup tersebut sudah mengetahui dan menguasai ilmu Customer Develoment ala Lean Startup, kegagalan itu bisa diminimalisir bahkan proses validasi ide dan masalah yang potensial untuk dikerjakan akan jauh berbeda dibandingkan sebelumnya.

Jika sudah bisa melakukan proses Customer Development yang baik, maka proses selanjutnya adalah proses Product Development dan Business Development yang akan diberikan seed funding oleh Telkom selama 6 bulan program inkubasi. Startup yang mengikuti ini harus lolos seleksi utama. Jadi walaupun startup anda misalnya gagal lolos, ilmu yang anda dapatkan di tahap pre-inkubasi akan menjadi ilmu yang sangat bermanfaat dan aplikatif yang bisa anda gunakan untuk ide dan projek anda dikesempatan lain.

Slide17

Startup anda akan bisa menganalisa dan mengetahui kenapa ide anda itu gagal dan tidak layak untuk dilanjutkanserta apa penyebabnya. Bisa jadi ide anda bagus tapi tidak ada pelanggan yang mengalami masalah serta membutuhkan solusi yang anda tawarkan. Atau bisa jadi anda menyasar pelanggan atau pasar yang kurang tepat.

Kalau startup anda bisa mengetahui berbagai penyebab masalah seperti itu sebelum membuat produk, bayangkan penghematan tenaga, biaya dan pikiran yang bisa anda dapatkan. Anda meminimalkan waste, inilah yang menjadi tujuan utama kenapa program pre-inkubasi ini dibuat. Sehingga knowledge para startup akan semakin baik setiap waktu karena mereka sudah memiliki skill yang baik untuk memilih ide dan memvalidasi masalah yang layak untuk dikerjakan. Jadi tahun depan, atau jika tertarik mengikuti program inkubator lain, para startup akan lebih siap dan lebih berpotensi untuk lolos seleksi. Dengan kata lain, kualitas produk atau servis yang mereka tawarkan akan jauh lebih baik.

Jadi tunggu apalagi, segeralah kunjungi dan daftarkan startupmu! Kunjungi website www.indigoincubator.com

 

About Samuel Henry

Saya seorang Gamer. Itu pekerjaan utama saya, sementara sampingan yang lain adalah Pembicara baik untuk bidang Teknologi & Softskill, juga sering menjadi Coach & Trainer untuk bidang IT, saya penulis buku, dan saat ini saya menjadi Mentor di Jogja Digital Valley (JDV) Hobby saya menulis, melukis dan menggambar serta mendengar musik. Saya suka topik kreativitas, karena saya percaya kita mendapat anugerah kreatif agar kita tidak lupa menjadi bagian dari Pencipta.