Home / Edukasi / Mendorong Berpikir Keterampilan Dengan Video Games

Mendorong Berpikir Keterampilan Dengan Video Games

Tidak ada keraguan tentang bagaimana menggunakan permainan komputer adalah merupakan cara terbaik untuk mendorong anak-anak untuk memperluas wilayah berpikir mereka saat ini.

Pilihan Anda untuk menghibur anak Anda saat ini mungkin tampak membingungkan. Banyak orang membiarkan anak-anak mereka untuk menghabiskan banyak waktu di depan televisi. Tapi, apa sih kebaikan yang didapatkan dengan cara itu?

Jika Anda ingin mereka mempelajari sesuatu yang bermanfaat maka lakukan sesuatu atau Anda akan benar-benar kehilangan momen itu di tengah kesibukan anda sebagai orang tua. Tapi, jika Anda menyalakan komputer, men-download berbagai jenis permainan baik game khusus edukasi atau game hiburan lainnya, Anda mungkin benar-benar dapat mendorong mereka untuk belajar lebih banyak dan Anda akan mendorong kemampuan berpikir mereka dengan baik juga.

Berpikir bukanlah sesuatu yang semua orang bisa melakukannya dengan baik. Sekarang, kita merujuk kepada proses pemikiran yang sejalan dengan pemecahan masalah. Bagi banyak anak, ini adalah sesuatu yang tidak selalu mereka perjuangkan dengan Ibu atau ayah yang akan selalu sibuk mengurus masalah mereka. Jika sesuatu berjalan dengan tidak benar, biasanya anak hanya memanggil ibu atau ayah.

Bahkan dengan menonton televisi, yang penuh kehidupan nyata dan imajiner dari berbagai “masalah” yang perlu diselesaikan, tidak ada jaminan dorongan bagi anak-anak untuk bisa menyelesaikannya dengan solusi. Apa yang terjadi kemudian? Mereka hanya duduk dan menonton dan membiarkan orang lain menangani masalah. Karena itulah dampak yang terburuk yang bisa didapat dari televisi, akan ada keajaiban atau “kejadian kebetulan” yang akan menolong.

Tapi, apa yang terjadi ketika mereka sudah jaug lebih tua atau dalam situasi di mana mereka harus memecahkan masalah sendirian? Apakah mereka tahu bagaimana menganalisis pikiran, gagasan, dan untuk menemukan solusi yang tepat? Sayangnya banyak yang tidak. Tapi, jika Anda ingin anak Anda untuk menjadi orang yang tahu bagaimana untuk membalik saklar dan memecahkan banyak masalah, pertimbangkanlah bagaimana agar mereka bisa duduk di depan komputer dibanding televisi.

Oke, mungkin ini kekhawatiran anda:  terlalu banyak waktu di depan komputer tidak  baik bagi anak. Dan hal itu memang betul adanya. Tetapi ada cara untuk membuat apa yang anda khawatirkan tadi tidak menjadi kenyataan. Anda hanya perlu membuat kesepakatan akan lama atau durasi mereka bermain. Dengan ini Anda hanya perlu memaksimalkan apa yang akan mereka lakukan.

Ada beberapa permainan yang baik di luar sana yang dapat digunakan untuk merangsang pemikiran pada anak-anak. Bagi banyak orang, hal ini adalah cara sempurna untuk mendorong anak-anak untuk belajar bagaimana memecahkan masalah tanpa membiarkan mereka menjadi korban dari aktivitas itu jika anda ikut awasi! Ya, karena permainan yang menyenangkan, anak tidak akan memerangi cara anda mengatur dan mengawasi kegiatan bermain mereka.

Biarkan mereka untuk memilih sendiri game kesukaan mereka. Biarkan mereka mengeksplorasi kesenangan atau keingintahuan mereka. Anda hanya membantu untuk jadwal bermain dan memastikan bahwa konten game itu memang sesuai dengan umur mereka. Bisa jadi mereka mengidolakan karakter tertentu dari kehidupan nyata. Bisa jadi mereka memerankan tokoh tertentu yang diinginkan ketika mereka dewasa nanti. Banyak pilihan. Ada yang suka dengan game puzzle, ada yang memilih game petualangan, biarkan mereka memilih sendiri.

Beberapa yang perlu dipertimbangkan adalah pemilihan game untuk balita. Terkadang tidak mudah bagi mereka memainkannya sendiri, jadi anda perlu  menemani dan membantu mereka selama bermain, tetapi Anda akan menemukan lebih banyak game untuk anak-anak diatas balita saat ini. Pertimbangkan untuk memberikan anak-anak Anda yang lebih tua permainan puzzle terkait pemilihan game untuk membantu mereka di meningkatkan kemampuan berpikir.

Ketika Anda memberikan anak Anda karunia menjadi pemecah masalah, mereka akan bekerja melalui situasi yang terjadi pada mereka, besar dan kecil, tanpa takut tidak tahu bagaimana untuk menangani mereka. Mereka akan lebih cenderung untuk melakukannya dengan baik di dunia nyata di kemudian hari. Apa lagi?  Bahwa Anda dapat merasa baik tentang semua waktu yang mereka habiskan di depan layar (meskipun itu komputer dan bukan televisi!)

About Samuel Henry

Saya seorang Gamer. Itu pekerjaan utama saya, sementara sampingan yang lain adalah Pembicara baik untuk bidang Teknologi & Softskill, juga sering menjadi Coach & Trainer untuk bidang IT, saya penulis buku, dan saat ini saya menjadi Mentor di Jogja Digital Valley (JDV) Hobby saya menulis, melukis dan menggambar serta mendengar musik. Saya suka topik kreativitas, karena saya percaya kita mendapat anugerah kreatif agar kita tidak lupa menjadi bagian dari Pencipta.