Home / Edukasi / Pelatihan Unity – BPMP Kemendikbud Jateng

Pelatihan Unity – BPMP Kemendikbud Jateng

Tanggal 7-10 Juni 2016 lalu saya bersama teman-teman dari Gamedev Jogja melakukan workshop pelatihan Unity tingkat dasar bekerjasama dengan Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan (BPMP) Kemendikbud Jateng di kota Yogyakarta. Pelatihan ini adalah sesi kesekian dari serangkaian acara workshop yang sudah dimulai sejak april di kota Solo dan Magelang.

Pada pelatihan ini ada sekitar 20 orang peserta. Sebagian besar bahkan belum mengenai game development tools Unity. Namun kami mencoba memberikan shortcut dan pelajaran praktis kepada para peserta tersebut dan menurut pengakuan mereka, materi yang diajarkan memuaskan karena langsung ke topik pembahasan. Kebanyakan memang materi disampaikan dengan model praktik langsung. Anda dapat lihat di beberapa foto dibawah ini.

bpmp4

bpmp2

bpmp1

bpmp5

Kami sendiri tidak mengira kalau ternyata tingkat keseriusan peserta sampai ke level tertentu. Jujur saja, di awal ada sedikit rasa skeptis kalau peserta akan merasa bosan. Tapi ternyata tidak seperti itu. Bahkan di hari terakhir masih terus berlanjut padahal waktu sudah selesai. Senang rasanya melihat antusiasme peserta dan kami rasa itu adalah rasa respek dan penghargaan yang tinggi kepada proses transfer ilmu yang terjadi.

Suka atau tidak, kini teknologi digital semakin masuk ke berbagai bidang kehidupan. Dan salah satu yang paling mendasar adalah pendidikan. Dengan kemudahan teknologi, maka berbagai konten pendidikan akan bisa diberikan dengan lebih tepat dan bermanfaat.

Semoga kegiatan seperti ini bisa ditiru oleh berbagai Kementerian lain terkait pelatihan dan edukasi publik.

 

About Samuel Henry

Saya seorang Gamer. Itu pekerjaan utama saya, sementara sampingan yang lain adalah Pembicara baik untuk bidang Teknologi & Softskill, juga sering menjadi Coach & Trainer untuk bidang IT, saya penulis buku, dan saat ini saya menjadi Mentor di Jogja Digital Valley (JDV) Hobby saya menulis, melukis dan menggambar serta mendengar musik. Saya suka topik kreativitas, karena saya percaya kita mendapat anugerah kreatif agar kita tidak lupa menjadi bagian dari Pencipta.