Home / Edukasi / Permainan Online Gratis Memecahkan Puzzle Bisa Pertajam Pikiran

Permainan Online Gratis Memecahkan Puzzle Bisa Pertajam Pikiran

Game online telah lama berada dalam perbincangan orang tua selama ini. Banyak anak yang dianggap orang tua sekarang sudah terganggu kehidupan keseharian ataupun sosialnya karena dampak buruk game. seperti ketagihan bermain misalnya. Benarkah demikian dampak buruknya?

Fakta-fakta yang ada dilapangan bisa berbeda. Beberapa game yang banyak dimainkan anak-anak saat ini memang dianggap negatif karena bersifakt adiktif, tetapi sebenarnya ada manfaat yang jauh lebih besar dari dampak negatif tadi. Misalnya ada berbagai website penyedia permainan puzzle yang tersedia online gratis. Apa bisa teka-teki menyebabkan ketagihan? Dapatkah teka-teki memanjakan anak-anak dan berdampak buruk? Mari kita lihat manfaat dari permainan puzzle online secara rinci.

Permainan puzzle online sebenarnya bermanfaat karena setiap teka-teki yang kita pecahkan membutuhkan konsentrasi pikiran. Tidak ada teka-teki yang dapat diselesaikan tanpa mengkonsentrasikan pikiran pada masalah didepan anda. Akhirnya teka-teki bisa membawa pemainnya untuk  meningkatkan kemampuannya di bagian pemikiran logis dan analitis. Pelajaran di perkuliahan seperti riset operasi sangat membutuhkan kualitas seperti ini, jadi secara tidak langsung sejak muda pemain sudah diarahkan untuk berkembang di kedua area penting tadi. .  Game-game yang berbeda juga banyak memanfaatkan kemampuan matematika pemain, tetapi sekali pikiran Anda sudah terbiasa menyelesaikan berbagai soal matematika di sekolah,  secara tidak langsung akan mempertajam kemampuan anda memecahkan teka-teki secara online, Anda dapat melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi dari permainan puzzle tersebut yang juga akan meningkatkan kemampuan matematika yang pada akhirnya akan dapat membantu memecahkan banyak masalah.

Kita telah memecahkan teka-teki sejak usia kanak-kanak. Bermain puzzle atau teka-teki sudah digemari sejak usia dini dan banyak diberikan sejak sekolah taman kanak-kanak sebagai salah satu alat pengembangan berpikir.  Apakah pendidikan itu hanya sampai batas anak-anak saja?

Satu-satunya perbedaan sekarang ini adalah bahwa seseorang tidak perlu mencari buku atau majalah untuk mencari teka-teki yang ingin dikerjakan. Kini bisa mendapatkan secara online dan gratis pula. Teka-teki yang melibatkan huruf, dan angka adalah metode yang fantastis untuk mengasah kemampuan anak-anak dalam berpikir. Silakan mendorong anak-anak Anda untuk memecahkan teka-teki.

Jangan pernah berpikir untuk melarang mereka bermain dan memecahkan teka-teki atau puzzle online hanya karena anda khawatir bahwa itu akan menyebabkan kecanduan. Dengan merampas kesenangan dan hak mereka untuk hal itu, Anda bisa saja mendorong mereka untuk sesuatu yang lebih buruk dibanding bermain game misalnya. Lebih baik untuk memberi mereka kepuasan memecahkan teka-teki secara online sambil mengasah pikiran mereka. Duduklah dengan mereka dan biasakan agar anda juga ikut memilih game dengan mereka. Setelah itu anda bisa memberikan mereka kebebasan waktu dan ruang untuk bermain dan memecahkan teka-teki yang ada. Anda, sebagai orang tua akan mengetahui sendiri hasilnya setelah beberapa waktu.

 

About Samuel Henry

Saya seorang Gamer. Itu pekerjaan utama saya, sementara sampingan yang lain adalah Pembicara baik untuk bidang Teknologi & Softskill, juga sering menjadi Coach & Trainer untuk bidang IT, saya penulis buku, dan saat ini saya menjadi Mentor di Jogja Digital Valley (JDV) Hobby saya menulis, melukis dan menggambar serta mendengar musik. Saya suka topik kreativitas, karena saya percaya kita mendapat anugerah kreatif agar kita tidak lupa menjadi bagian dari Pencipta.