Home / Entrepreneur / Practice Pitch Session di JDV

Practice Pitch Session di JDV

Salah satu program bulanan yang baru saya buat di Jogja Digital Valley adalah Practice Pitch Session. Selain itu ada event Biztalk yang mengedepankan tema bisnis. Acara yang berbentuk event internal dan khusus hanya untuk beberapa startup saja. Saat ini dibatasi hanya untuk 3-4 startup untuk satu kali pelaksanaan event. Durasi acara berkisar antara 90-120 menit.

Kenapa Butuh Practice Pitch Session?

Saya sengaja membuat program ini karena melihat masih banyak startup lokal yang masih mengalami masalah ketika mempresentasikan produk atau layanan yang dibuatnya. Bahkan konsep atau ide yang sebenarnya lebih mudah dipahami malah bisa menjadi terkesan sulit dicerna atau malah lebih  buruk terkesan tidak meyakinkan. Hal itu menurut saya cukup membuat keadaan menjadi tidak menguntungkan baik kepada startup atau investor.

Poster-Pitching

Kelemahan ini disebabkan karena kurangnya jam terbang dari seorang pelaku startup dalam memoles dan melatih dirinya untuk presentasi. Jadi, untuk hal itulah kenapa saya membuat program bulanan ini.

Setiap startup yang ikut event ini akan mempresentasikan konten yang dimiliki hanya dalam waktu 5-10 menit dihadapan tim penilai. Sesi inilah yang disebut dengan nama pitching. Setiap startup harus menyiapkan elevator pitch yang terbaik. Simulasi presentasi ini dilengkapi dengan tanya jawab dan pada akhirnya akan ditutup dengan memberikan feedback kepada pemberi presentasi. Selama acara, beberapa penonton diizinkan ikut. Terutama dari kalangan startup sebagai media belajar bersama.

Dengan model begini, saya yakin kalau para founder menjadi lebih percaya diri, dan bisa melatih diri lebih baik lagi karena setiap sesi akan direkam dengan video camera. Hasilnya akan dikirim ke MDI yaitu ventura capital dari Telkom yang bertugas mencari startup potensial. Siapa tahu startup yang dianggap sudah layak akan dipanggil.

Tapi selain itu, hasil rekaman akan diberikan kepada startup itu sendiri. Kemudian bulan depan atau jika dibutuhkan dimasa depan nanti, rekaman itu bisa dipelajari dan dipoles lebih bagus lagi. Dengan demikian tingkat kematangan dan skill presentasi seorang founder akan meningkat karena sudah dilatih beberapa kali sebelumnya.

Saya tidak hanya mencoba melakukan sesi ini dalam bahasa Indonesia saja, namun juga akan melakukannya dalam bahasa Inggris untuk startup yang sudah cukup yakin untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Kenapa tidak sekaligus mencoba bukan? Kapan lagi kalau tidak sekarang?

Saya tidak  melihat ada program seperti ini sebelumnya, setidaknya tidak di kota Jogja. Jadi, semoga dengan adanya acara seperti ini bisa memberikan platform latihan yang lebih leluasa namun mirip dengan kondisi nyata.

About Samuel Henry

Saya seorang Gamer. Itu pekerjaan utama saya, sementara sampingan yang lain adalah Pembicara baik untuk bidang Teknologi & Softskill, juga sering menjadi Coach & Trainer untuk bidang IT, saya penulis buku, dan saat ini saya menjadi Mentor di Jogja Digital Valley (JDV) Hobby saya menulis, melukis dan menggambar serta mendengar musik. Saya suka topik kreativitas, karena saya percaya kita mendapat anugerah kreatif agar kita tidak lupa menjadi bagian dari Pencipta.