Home / Entrepreneur / PRODUK & HARGA – Student Entrepreneur Training
PRODUK & HARGA - Samuel Henry

PRODUK & HARGA – Student Entrepreneur Training

Materi training Produk dan Harga adalah materi kedua atau kelanjutan dari materi Pemasaran yang saya berikan di Student Entrepreneur Training yang berlangsung sejak tanggal 11-13 November 2014 bertempat di STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Tidak mudah menentukan harga dari produk jika anda tidak mengetahui beberapa hal fundamental yang melatarbelakangi bagaimana sebuah produk dihasilkan dan apa saja komponen yang terlibat. Dan juga bagaimana menyikapi beberapa faktor eksternal lainnya yang tidak bisa sepenuhnya dalam kendali anda.

bagaimana-menetapkan-harga-untuk-produk-andaDimulai dengan penjelasan defenisi produk dan detail terkait, klasifikasi produk, cara mengembangkan sebuah produk, dan sampai berbagai poin seputar produk dan penentuan harga, materi ini saya buat dengan fokus ke poin dasar yang bisa dijadikan awal untuk pengembangan pembahasan yang lebih luas oleh para pebisnis pemula. Google adalah tools untuk pengembangan lanjutan. Dengan menggunakan materi ini, anda bisa mencari penjelasan yang lebih luas lagi. Dengan cara itu, materi ini bisa dianggap sebagai short preview untuk topik pengembangan produk dan penentuan harga.

Salah satu yang bisa anda manfaatkan adalah penjelasan singkat mengenai konsumen, kondisi pasar, dan juga strategi yang sebaiknya digunakan pada periode tertentu dari Product Life Cycle. Banyak pebisnis pemula yang tidak memahami dimana posisi saat ini untuk bisnis yang sedang digelutinya, atau bagaimana sebaiknya menyikapi perbedaan tiap tahap dari PLC tersebut. Pemahaman ini akan banyak membantu jika bisa mengerti apa itu Product Life Cycle dan berbagai hal seputarnya.

Jika anda bukan lulusan ekonomi, mungkin topik Produk dan Harga bukanlah topik yang anda minati. Padahal topik terkait erat dengan pemasaran dan strategi penjualan yang akan anda implementasikan nantinya. Seorang pebisnis memang bisa mempekerjakan staff yang lebih ahli mengenai produk dan penentuan harga, tapi itu nanti, ketika sudah cukup sukses dan memiliki dana yang cukup untuk menggajinya. Saat ini, pengetahuan dan pemahaman harus dilakoni sendiri oleh pebisnis tersebut.

product life cycle

Mengetahui hal BEP juga penting bagi pebisnis pemula. Banyak yang menghindari pembahasan ini dan menganggap tindakan implementasi lebih menantang daripada berkutat dan menghitung mengenai Break Event Point. Tapi BEP sangat vital untuk mengetahui sebenarnya berapa harga dari produksi anda dan apa saja yang bisa anda lakukan dengannya.

Saya memang membatasi pembahasan lebih detail dan lebih memfokuskan ke poin utama dari masalah Produk dan Harga yang relevan untuk dipelajari lebih lanjut. Selebihnya adalah pengetahuan yang mungkin tidak terlalu praktis untuk dipelajari saat ini. Ingat, seperti yang saya nyatakan sebelumnya. Di era teknologi ini, seorang pengusaha tidak harus pintar, tapi tahu cara mencari pemecahan/solusi untuk tiap masalah yang dihadapi. Dalam hal ini saya membayangkan jika saya memberikan materi detail maka kemungkinan waktu tidak akan cukup bagi para peserta dan saya tidak mau membuang waktu berulang kali karena penjelasan lebih bisa anda dapatkan dengan memanfaatkan Google.

Anggap saja materi ini sebagai product and pricing topics checklist yang anda sebaiknya anda pelajari ketika memulai bisnis atau masuk kategori pebisnis pemula. Jika anda tertarik, klik salah button link salah satu social media dibawah ini. Link ke materi akan terbuka dan bisa anda download dalam bentuk PDF.

[sociallocker]Silahkan download materi PRODUK dan HARGA melalui link ini.[/sociallocker]

 

 

 

About Samuel Henry

Saya seorang Gamer. Itu pekerjaan utama saya, sementara sampingan yang lain adalah Pembicara baik untuk bidang Teknologi & Softskill, juga sering menjadi Coach & Trainer untuk bidang IT, saya penulis buku, dan saat ini saya menjadi Mentor di Jogja Digital Valley (JDV) Hobby saya menulis, melukis dan menggambar serta mendengar musik. Saya suka topik kreativitas, karena saya percaya kita mendapat anugerah kreatif agar kita tidak lupa menjadi bagian dari Pencipta.