Home / Seminar 2013
Word Cloud "Gamification"

Seminar 2013

Gamification

Tema seminar yang akan saya bawa di tahun 2013 adalah GAMIFICATION. Saya memilih tema ini disebabkan beberapa hal utama seperti: perkembangan teknologi game yang diimplementasikan ke berbagai bidang non-game selama tahun 2011 dan 2012, berbagai implementasi desain game baik pada aplikasi, website, proses manajemen yang terbukti melalui berbagai penelitian membawa peningkatan yang signifikan kepada penggunanya.

Apa itu Gamification?

Gamification atau gamifikasi adalah penggunaan teknik dan mekanik dari desain game  untuk memecahkan berbagai masalah dan juga menarik keterlibatan penggunanya.

gamification_definitionGamifikasi  bekerja dengan membuat teknologi lebih menarik, dengan cara menantang pengguna untuk terlibat didalamnya melalui  penggunaan perilaku yang diinginkan, dengan cara menunjukkan jalan ke arah keahlian dan kemandirian, dan juga memanfaatkan predisposisi dari psikologi manusia untuk terlibat dalam permainan interaktif (game) – Sumber: Wikipedia.

Sebagai praktisi game development dan sekaligus dosen pengampu mata kuliah desain game, sejak tahun 2010 lalu sudah mencermati trend gamifikasi. Pada awalnya banyak miskonsepsi terhadap gamifikasi sehingga pengertiannya cenderung membingungkan. Namun seperti layaknya sebuah konsep, gamifikasi perlahan berevolusi baik dalam pengertian maupun penerapannya.

Beberapa tema training yang sedang saya kembangkan yang akan menjadi layanan training saya di tahun 2013 adalah sebagai berikut:

  • Gamification for Marketing
  • Gamification for Productivity
  • Gamification for CRM
  • Gamification for HRD
  • Gamification for Customer Service
  • Gamification for User Experiences

Secara ringkas, gamifikasi bisa mengurangi biaya perusahaan anda, juga berpotensi meningkatkan profit, disisi lain bisa mengefisienkan berbagai proses internal operasional sembari meningkatkan keterlibatan karyawan, mitra kerja atau pelanggan yang merasa bahwa pekerjaan atau interkasi yang mereka lakukan kini lebih menyenangkan (fun).

Untuk menerapkan gamifikasi pada website, aplikasi atau proses bisnis anda diperlukan beberapa prosedur dan diantaranya adalah penggunaan mekanik desain game dalam menentukan teknik akhir yang akan diterapkan. Walaupun sudah ada teknik yang komprehensif, namun pada akhirnya seperti mendesain sebuah video game, keahlian untuk membuat implementasi terbaik dari gamifikasi dalam perusahaan anda akan lebih bersifat seni daripada teknik. Tapi, ini bukan berarti anda tidak harus menguasai teknik gamifikasi secara benar dan lebih mengandalkan intuisi atau seni anda, sebaliknya, teknik yang benar akan memudahkan anda dalam “memoles lebih indah” dari sistem yang anda tangani.

 

Samuel Henry says:

Belum ada sampai saat ini. Saya sedang mengupayakan untuk membuat webinar saja karena jadwal saya yang padat untuk produksi game. Webinar akan bisa mengatasi kendala jarak dan waktu serta kesibukan saya. 😀

Samuel Henry says:

Susah ditebak. Tapi game yang bersifat sosial dan mobile tetap menjadi fokus. Game hardcore makin kalah dibanding game mobile, sementara game facebook stabil. Tapi it hanya prediksi saja karena teknologi masih terus berkembang.

Yang boom adalah semakin mudah membuat konten dan salah satunya adalah membuat game, walaupun game yang dibuat sederhana, tapi akan makin banyak orang membuat game ringan dan bisa disebarluaskan layaknya game profesional. Platform HTML 5 dan mobile smartphone semakin mempermudah hal itu.