Home / Services / Seminar 2015
startup seminar

Seminar 2015

Startup menjadi topik seminar utama saya di tahun 2015 ini. Sebagai pelaku bisnis IT dan juga mentor di Jogja Digital Valley sejak tahun 2013 lalu, saya memberikan banyak bimbingan baik kepada tenant yang terpilih melalui program Indigo Incubator atau I2TY dari Kemenkominfo.

Tema utama untuk  seminar 2015 saya pilih: LEAN STARTUP. Topik ini masih banyak tidak dipahami dengan baik oleh para pelaku startup pemula atau yang sudah berjalan sekalipun. Metodologi lean startup sudah terbukti sukses digunakan dan secara efisien membentuk sebuah startup dengan baik. Dengan menggunakan lean startup peluang keberhasilan sebuah startup jauh lebih besar dibandingkan bila tidak menggunakannya.

lean startup

Tidak terlalu sulit sebenarnya mempelajari Lean Startup, tapi dibutuhkan beberapa trik dan tips tertentu agar startup lebih mudah mengadaptasi dan memahami secara keseluruhan manfaat daru konsep ini secara praktis.

Dengan adanya program inkubasi seperti Indigo Inkubator dari Telkom Indonesia dan beberapa program sejenis lainnya dari berbagai perusahaan maupun lembaga membuat peminat pelaku startup semakin banyak. Tidak bisa dipungkiri bahwa berbagai program tersebut juga memberikan suntikan dana (funding) dan hal inilah yang banyak dikejar oleh para pelaku startup untuk mengembangkan produk mereka ke level lebih lanjut.

Bagaimana dengan startup yang tidak terpilih dan kurang beruntung masuk ke program mereka? Inilah yang menjadi concern saya dan dengan motivasi ini saya membuat tema seminar saya di tahun 2015 berdasarkan kebutuhan tersebut yaitu bagaimana ikut menyebarkan dan memperluas metode lean startup ke berbagai kalangan. Tidak saja kalangan pelaku startup tapi juga kalangan kampus dimana para penggiat startup umumnya banyak memulai dari sana.

Topik Seminar 2015

Apa saja yang akan saya paparkan dalam berbagai seminar tersebut? Antara lain:

  • Metodologi Lean Startup dari awal sampai akhir. Mulai dari teori sampai implementasi. Mungkin di dalam seminar akan dibahas konsepnya dan untuk metodologi akan membutuhkan waktu lebih lama dan lebih cocok dilakukan dalam bentuk workshop atau paling baik berbentuk bootcamp.
  • Permasalahan Internal Startup. Seputar founder dan co-founder yang selama ini tidak banyak terekspos ke luar dan akibatnya banyak startup yang masih mengulangi kesalahan yang sama. Sialnya mereka sulit mencari solusi juga karena tidak ada rujukan maupun konsultan yang bisa diajak diskusi.Dalam seminar ini saya akan memberikan berbagai tips untuk mengatasinya.
  • Kendala dan Tantangan Startup serta bagaimana mengatasinya. Mendirikan startup adalah satu hal, masih banyak hal lain yang menjadi kendala dan tentunya membahasnya dalam satu seminar khusus akan sangat menarik. Bagaimana mencari solusi atau menerapkan solusi tersebut dengan baik merupakan satu tantangan tersendiri pula.
  • Pemasaran Ala Startup. Satu topik yang terus menerus dipertanyakan kepada saya adalah  bagaimana memasarkan produk yang sudah dibuat? Walau tidak terlambat sebenarnya, tapi membuat rencana pemasaran bisa dilakukan sejak awal bahkan ketika produk belum dibuat sama sekali. Sebuah konsep yang sering jadi mengubah kebiasaan dan mindset para pelaku startup pemula.
  • Growthhack Praktis. Ya, banyak startup yang kurang sukses menumbuhkan startupnya. Baik dari masalah calon pelanggan, pengguna yang disasar, bahkan pihak investor yang diincar atau pihak manapun yang berkepentingan dengan startup. Disinilah banyak strategi bisa diimplementasikan menurut kondisi langsung dari startup tersebut.

Seminar 2015 ini tidak khusus saya tujukan kepada startup saja atau hanya untuk pelaku startup, tapi saya buka kepada berbagai kalangan. Bisa dari kalangan kampus/akademisi, komunitas wirausaha lain bahkan perusahaan kecil sekalipun yang mencoba menerapkan konsep lean startup didalam operasionalnya.

Harapan utama saya adalah dengan memberikan materi seminar 2015 ini akan semakin banyak muncul startup yang kompeten dan bertahan serta berpeluang sukses dikemudian hari.