Home / Edukasi / Student Entrepreneur Training – Kopertis V DIY & STMIK Amikom Yogyakarta

Student Entrepreneur Training – Kopertis V DIY & STMIK Amikom Yogyakarta

Awal bulan November 2014 saya dipercaya menjadi pemateri untuk seminar Student Entrepreneur Training kerjasama Kopertis V DIY dengan STMIK Amikom Yogyakarta.

Alih-alih memberikan materi kewirausahawan yang itu-itu saja, saya memberikan materi baru dimana lebih sesuai dengan kondisi saat ini. Materi industri kreatif, pebisnis indie, startup, dsb adalah pilihan saya. Memang agak berbeda dengan materi yang umum diajarkan oleh para dosen kewirausahawan biasa. Saya sengaja mengubahnya karena materi itu sudah tidak lagi sesuai dengan kondisi saat ini. Dalam arti tidak up to date.

Materi lama yang tidak diubah sejak dasawarsa lalu saya rasa akan banyak membingungkan para peserta. Pesatnya kemajuan teknologi dan model bisnis berbasis internet sudah banyak mengubah mindset dan pola operasional baik pebisnis fulltime atau mahasiswa sekalipun.

Salah satu materi yang saya tekankan adalah pemasaran dengan biaya relatif murah kalau tidak bisa dikatakan nyaris GRATIS. Ada belasan cara yang bisa dilakukan para entrepreneur ini. Dan semuanya bisa diukur keefektifitasannya dengan mudah. Banyak tools yang tersedia gratis di internet.

 

Seminar Kewirausahawan Kopertis 1

 

Seminar Kewirausahawan Kopertis 2

 

Seminar Kewirausahawan Kopertis 3

 

 

About Samuel Henry

Saya seorang Gamer. Itu pekerjaan utama saya, sementara sampingan yang lain adalah Pembicara baik untuk bidang Teknologi & Softskill, juga sering menjadi Coach & Trainer untuk bidang IT, saya penulis buku, dan saat ini saya menjadi Mentor di Jogja Digital Valley (JDV) Hobby saya menulis, melukis dan menggambar serta mendengar musik. Saya suka topik kreativitas, karena saya percaya kita mendapat anugerah kreatif agar kita tidak lupa menjadi bagian dari Pencipta.