Home / Desain Game / Studio Progress: 2 Weeks Prototyping

Studio Progress: 2 Weeks Prototyping

Bulan oktober akhir lalu GITS mendapatkan penawaran untuk membuat beberapa prototype game dengan tema lingkungan. Disinilah kemampuan studio bisa dilihat dengan memberikan tantangan membuat prototype game dengan cepat. Namun keunikannya adalah prototype yang dibuat setidaknya harus memiliki 1 level yang dapat dimainkan dan sebisa mungkin tampilannya sudah mendekati visual akhir dari game yang nantinya akan direalisasikan.

Dalam waktu 2 minggu ternyata tantangan itu bisa dilaksanakan dengan baik oleh GITS Alliance yang terdiri dari Amagine Interactive, Classeven, Wi Studio dan Copelabs. Beberapa trailer videonya dapat anda lihat dibawah ini:

Game Little Kancil dengan model gameplay Match 3 Puzzle dari Amagine Interactive

Dari Wi-Studio dengan judul Help Mr.Tom:

Sementara Copelabs dengan judul Dumpy Dump membawa tema yang sama dengan Wi Studio

 

Sementara dari Classeven, mereka membuat game dengan tema menyelamatkan orang utan (Save Orang Utan). Screenshotnya seperti dibawah ini):

Logo-Orang-Utan

select-adventurekevin-in-jail

kevin-4

 

Padahal studio ini semua sedang mengerjakan title game mereka yang akan segera dipublish di Googleplay. Mengapa saya menyinggung soal ini? Di artikel sebelumnya saya membahas mengenai kesiapan anda dengan industri. Salah satu bentuk nyatanya adalah seperti kasus diatas, dimana ketika studio anda sedang mengerjakan game yang ditujukan untuk portofolio dan googleplay, tiba-tiba ada kebutuhan khusus dimana anda harus membuat game menurut permintaan klien maka apa keputusan anda? Disini kematangan keputusan dan kecepatan produksi jadi kunci. Dengan hanya waktu 2 minggu, tim bekerja dengan cepat dan langsung merubah arah. Kini mereka kembali lagi menggarap game yang ditargetkan akan launching di bulan desember (pertengahan ke akhir desember lebih tepatnya).

Saya ikut berpartisipasi dengan membuat prototype game rally dengan target pasar industri otomotif. Dengan ini kemampuan dari GITS Alliance sudah cukup luas. Ada yang 2D dan 3D. Ada yang ke mobile games dan ada yang ke desktop.

Triton Strada Rally Demo dari SHIOS

 

Inti dari artikel ini adalah menunjukkan kemampuan mental dari tim dan kesiapan mereka dalam berproduksi diluar jadwal normal. Tidak ada keluhan, tidak ada egoisme dan kemanjaan startup yang biasa tidak mau diatur. Yang ada adalah kedewasaan melihat bahwa bisnis game development itu sangat kompleks dan membutuhkan kesigapan. Itu saja. Dan prototype diatas adalah buktinya.

Di artikel berikutnya akan saya bahas lebih banyak mengenai game yang sedang mereka buat yang akan dilaunching bersama-sama.

 

 

 

About Samuel Henry

Saya seorang Gamer. Itu pekerjaan utama saya, sementara sampingan yang lain adalah Pembicara baik untuk bidang Teknologi & Softskill, juga sering menjadi Coach & Trainer untuk bidang IT, saya penulis buku, dan saat ini saya menjadi Mentor di Jogja Digital Valley (JDV) Hobby saya menulis, melukis dan menggambar serta mendengar musik. Saya suka topik kreativitas, karena saya percaya kita mendapat anugerah kreatif agar kita tidak lupa menjadi bagian dari Pencipta.
Samuel Henry says:

GITS adalah anak perusahaan dari STMIK Amikom yang bergerak di bidang IT dan sejak Sept 2013 membuka divisi game development. GITS Production adalah sub divisi yang membuat game baik advergame maupun mobile games. 😀