Home / Entrepreneur / Tim Anda Kurang Motivasi? Tonton 5 Film Startup ini…

Tim Anda Kurang Motivasi? Tonton 5 Film Startup ini…

Salah satu faktor kegagalan startup adalah motivasi yang menurun sejalan dengan banyaknya kendala dan tantangan yang harus dijalani. Memang harus diakui bahwa jalan wirausaha seperti startup tidak hanya menawarkan petualangan saja, tapi juga kecelakaan yang sering datang berulang kali dengan wajah yang berbeda. Mulai dari sulitnya mencari co-founder yang sehati, tim yang kurang solid dan suka menunda pekerjaan, tidak paham dengan pasar, dan banyak faktor lain.

Perlahan-lahan motivasi berkurang diantara anggota tim. Dan hal inilah yang harus diupayakan oleh founder dengan meningkatkan motivasi melalui tontonan film. Menonton film mungkin tidak membantu Anda menjadi Mark Zukerberg berikutnya, tetapi dapat memberikan motivasi untuk melanjutkan ide-ide Anda. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan motivasi dalam lingkungan startup adalah untuk berkomunikasi dan membaca tentang bagaimana startups lainnya telah membuat produk atau layanan mereka. Berikut adalah top 5 film pelaku startup yang harus ditonton:

  1. The Social Network (2010)
    the social network
    Banyak startups dan pengusaha iri dengan keberhasilan Facebook. Jaringan sosial ini adalah salah satu film yang cukup sukses di tahun 2010 yang berbicara tentang kehidupan para pendiri Facebook. Film ini masuk ke detail tentang bagaimana pendirinya memulai Facebook dengan gairah dan hobi yang akhirnya menjadi jaringan sosial terbesar di saat ini. Keakuratan film ini memang dipertanyakan, namun memikirkan film ini sebagai sebuah novel yang membuat anda bisa mendapatkan motivasi dari alur ceritanya.
  2. The Pursuit Of Happyness
    the pursuit of happyness
    Ini adalah salah satu film yang paling inspiratif dan sarat dengan motivasi untuk startups dan pengusaha bisnis. Film ini berkisah tentang kehidupan seorang salesman yang digambarkan oleh Will Smith. Cerita film berbicara tentang bagaimana Will Smith harus melalui beberapa bulan bekerja tidak dibayar hanya agar terpilih untuk pekerjaan penuh waktu sebagai broker saham. Film ini menunjukkan perjuangan yang ia harus lalui untuk bertahan hidup beberapa bulan ini. Tema utama dari film The Pursuit of Happyness sangat mirip dengan startups yang pada kebanyakan hidup dari anggaran biaya terbatas. Jadi film ini bisa memotivasi anda disaat-saat sulit ketika anda harus berjuang menjalankan startup dengan biaya sangat terbatas.
  3. Pirates Of The Silicon Valley (1999)
    Pirates_Of-Silicon-Valley
    Film ini didasarkan pada sebuah buku bernama Fire in The Valley: The Making of The Personal Computer. Hal yang paling menarik adalah plot utama yang meliputi rentang waktu 1971-1997 menampilkan persaingan dari Steve Jobs dan Bill Gates. Steve Jobs adalah salah satu pebisnist IT yang paling cerdas dan individu berbakat yang hidup di dunia startup. Banyak yang akan menonton film ini untuk pertama kalinya dan akan mengetahui sejarah komputer yang mungkin tidak banyak yang tahu apa yang Apple lakukan saat itu, bahkan jika kembali ke tahun 1980, ketika Microsoft bahkan tidak terdaftar pada kantor bisnis pemerintahan lokal di Amerika. Cerita dari film ini berkutat pada salah satu persaingan yang baik dan benar-benar menggambarkan profil dari dua orang dengan pola pikir yang berbeda. Kedua perusahaan besar IT yang kini kita kenal dengan baik adalah semata-mata mencerminkan ideologi dari pikiran besar mereka. Film ini sangat bagus untuk siapa pun yang ingin menambah wawasan tentang bagaimana startup berkembang dan berevolusi.
  4. The Startup Kids (2012)
    the startup kids
    Startup Kid adalah sebuah film dokumenter dan didalamnya diisi dengan serangkaian wawancara dengan pendiri Vimeo, SoundCloud, Kiip, InDinero, Dropbox, dan banyak lainnya. Film dokumenter ini mencakup rincian yang sangat baik dan informatif pada kehidupan pendiri startup tersebut. Dengan menonton film ini, maka wawasan yang sangat besar bagi pengusaha startup yang mencari dana atau mencari cara untuk skala bisnis anda akan didapatkan. Inti dari fim ini adalah bahwa Anda pernah mengalami hari yang baik, baik hari terbaik yang pernah, atau hari buruk maupun yang terburuk.
  5. Indie Game (2012)
    indie game movie
    Generasi saat ini mencintai video game. Bahkan ditengarai bahwa 4 dari 6 mahasiswa jurusan ilmu komputer akan memberitahu Anda bahwa mereka memilih ilmu komputer karena mereka ingin mengembangkan video game. Video game telah menjadi pasar yang besar dalam masyarakat modern kita. Dokumenter ini berbicara tentang startup dari pengembang game indie. Sebuah film yang fantastis menangkap naik maupun turunnya hidup maupun kegiatan dari produsen video game individu. Pada akhirnya konsumen yang menjadi target pasar mereka akan memutuskan apakah mereka menyukai game yang dibuat mereka. Film ini berkutat mengenai kesulitan menjadi seorang pengembang game indie.

Jadi, jika anda atau tim startup anda belum menonton film-film diatas, ada baiknya anda mulai mencari beberapa diantaranya. Usahakan untuk menonton bersama-sama dan mendiskusikannya. Siapa tahu ada ide atau topik yang menarik untuk diperbincangkan karena mirip dengan kondisi startup anda bukan?

About Samuel Henry

Saya seorang Gamer. Itu pekerjaan utama saya, sementara sampingan yang lain adalah Pembicara baik untuk bidang Teknologi & Softskill, juga sering menjadi Coach & Trainer untuk bidang IT, saya penulis buku, dan saat ini saya menjadi Mentor di Jogja Digital Valley (JDV) Hobby saya menulis, melukis dan menggambar serta mendengar musik. Saya suka topik kreativitas, karena saya percaya kita mendapat anugerah kreatif agar kita tidak lupa menjadi bagian dari Pencipta.