Home / Desain Game / Tips n Trik: Ajari Pemain Anda

Tips n Trik: Ajari Pemain Anda

Salah satu tips n trik yang bisa membuat game anda menjadi lebih menarik adalah faktor dimana anda berhasil mengajar pemain anda untuk mengenal mekanik game dengan nyaman sekaligus fitur game secara bertahap.

Kesalahan Umum
Banyak game designer yang lupa menerapkan pentingnya mengajar pemain mengenal mekanik game anda secara benar. Banyak yang langsung mengenalkan fitur-fiturnya padahal si pemain belum memahami atau belum terlalu familiar dengan mekanik game yang ada.

Level Awal: Mudah
Pastikan anda membuat level permulaan begitu mudah dengan fokus hanya mengenalkan mekanik game dengan nyaman dan aman. Disini aman memiliki arti bahwa musuh di level pertama itu tidak sulit atau berbahaya. Pemain anda arahkan untuk belajar memahami dan menyukai mekanik game secara menyeluruh terlebih dahulu. Begitu pemain mulai menguasainya (dengan perlahan menambah tingkat kesulitan di level berikutnya) maka anda bisa mengenalkan fitur tambahan.

Cara dan Proses
Kalau kita ambil game casual sebagai contoh, tidak masalah jika anda perlahan-lahan menambah fitur setelah level ke-3. Pada level 1 dan 2 anda hanya mengenalkan mekanik secara mudah, musuh di level 1 sangat sedikit, di level kedua berikan tambahan musuh tapi hanya dari sisi jumlah, sementara tingkat kekuatan atau kemampuannya masih sama. Disini anda berusaha memastikan bahwa si pemain bertambah yakin bahwa dia bisa menguasai mekanik game dengan cepat tanpa khawatir akan kalah. Lalu pada level 3 anda bisa menambah jenis musuh atau tantangan baru agar pemain bisa menguji kemampuannya tadi. Di level berikutnya perlahan anda menambah fitur-fitur lain secara bertahap, tapi pastikan pemain masih memiliki ruang untuk menyerap fitur itu. Jadi di level awal jangan berikan fitur dan jumlah atau kemampuan dari musuh yang meningkat pada saat bersamaan.

Contoh Implementasi
Sebagai contoh bisa kita ambil dari game yang sudah terbukti terkenal dan cukup fenomenal yaitu Plant vs Zombie. Pada gambar dibawah ini anda bisa melihat pada level pertama pemain bahkan diberikan tutorial melalui teks, musuh bahkan tidak segera muncul disini. Tujuannya adalah agar pemain membiasakan diri terlebih dahulu dengan lingkungan yang ada.

photo 1

Lalu musuh muncul setelah anda mengerti fungsi sinar matahari namun belum memberikan banyak fitur tanaman (hanya tanaman canon hijau sebagai senjata awal) dan memilih hanya satu jenis tanaman yang berfungsi sebagai canon dengan tujuan anda belajar melakukan aksi melalui peletakan tanaman. Perlahan muncullah musuh yang mudah anda kalahkan. Ketika pemain memenangkan level pertama ini, designer dari game PvsZ ini sudah berhasil untuk dua hal yaitu mengajari pemain akan mekanik game, sekaligus memberikan motivasi kepada mereka bahwa mereka sudah bisa menguasai game.

photo 2

Setelah pemain menguasai fitur sinar matahari dan memenangkan level awal, di level berikutnya, diberikan tanaman bunga matahari (fitur baru) selain tanaman canon tadi,  namun jenis musuh tidak berubah (mudah untuk dikalahkan). Yang berbeda hanyalah jumlahnya yang diperbanyak namun anda masih dengan mudah mengalahkannya.

photo 3

Hasil Akhir
Terbukti dengan model mengajari pemain secara sederhana seperti ini mampu membuat game PvsZ sukses di pasaran. Level yang ada pada game ini cukup banyak, namun setiap penambahan fitur baru selalu melalui beberapa level yang ditujukan agar pemain mantap dengan mekanik game kemudian fitur yang baru.

Tips ini juga bisa dimodifikasi menjadi trik sehingga anda bisa membuat level dalam jumlah yang banyak tanpa menimbulkan kebosanan. Contohnya ada pada game Candy Crush Saga yang secara gameplay bukan membuat suatu mekanik yang baru. Malah bisa dikatakan mekanik game “jadul”, tapi dengan penampilan yang lebih atraktif dan proses mengajari yang tetap mudah, generasi baru tetap menyukai game itu.

Kesimpulannya adalah: model mengajari pemain untuk menguasai mekanik game terlebih dahulu sampai mahir lalu memperkenalkan fitur secara bertahap akan memperbesar peluang pemain menyukai game anda. Tentu syarat utama adalah FUN yang harus dimiliki game anda. Jadi jangan merusak FUN yang ada didalam gameplay game anda dengan menganggap pemain bisa dengan cepat menguasai mekanik game bersamaan dengan anda mengenalkan berbagai fitur game sekaligus.

 

 

About Samuel Henry

Saya seorang Gamer. Itu pekerjaan utama saya, sementara sampingan yang lain adalah Pembicara baik untuk bidang Teknologi & Softskill, juga sering menjadi Coach & Trainer untuk bidang IT, saya penulis buku, dan saat ini saya menjadi Mentor di Jogja Digital Valley (JDV) Hobby saya menulis, melukis dan menggambar serta mendengar musik. Saya suka topik kreativitas, karena saya percaya kita mendapat anugerah kreatif agar kita tidak lupa menjadi bagian dari Pencipta.