Home / Gamedev / Tips Sukses di Google Play
Google_Play_Logo_Featured_Large

Tips Sukses di Google Play

Android semakin merajalela dan pertumbuhannya sangat fenomenal belakangan ini. Di awal tahun 2013 jumlah gadget yang mengusung OS Android sudah hampir 2 kali lipat dibanding gagdet iOS. Tapi besarnya pasar Google Play masih sedikit lebih rendah dari sisi kompetitif dibanding  Appstore. Ini adalah peluang untuk Anda agar membuat aplikasi Android dan memasarkannya sekarang!

googleplay game featuresMemang masih ada kendala monetisasi pada Google Play, khususnya mengenai mekanisme sistem pembayaran, tapi hal itu akan membaik seiring waktu. Dibawah ini adalah hasil kompilasi dari berbagai sumber untuk beberapa hal yang perlu Anda perhatikan didalam mengelola account Anda agar peluang sukses Anda semakin besar di Google Play:

Desain Aplikasi

Banyak developer yang memporting aplikasinya ke Android karena tergiur melihat pertumbuhannya yang fenomenal. Masalahnya adalah, mereka tidak melakukannya dengan benar. Banyak aplikasi yang didesain dengan buruk dan banyak bug yang ditemui dalam aplikasi tersebut. Mendesain aplikasi Anda khusus untuk platform dan peralatan berbasis Android adalah langkah bijaksana dan cerdik.  Hal ini akan membedakan Anda dengan kompetitor lain. Ada beberapa fakta kasus dimana developer sukses menggandakan pemasukan mereka dengan membuat aplikasi yang berbeda di Appstore dan di Google Play.

Pilih Kelompok Device & OS Tertentu

Melihat banyaknya jenis gadget Android yang tersedia di pasaran, Anda harus memilih kelompok gadget yang menguasai setidaknya 20% pangsa pasar. Tidak usah mengejar gadget spesifik terbaru yang Anda kira akan segera menguasai pasar. Saat ini pasar masih dikuasai OS 2.2, namun versi 4 keatas sudah mengejar. Jadi Anda sudah bisa memilih dengan cepat pilihan OS mana yang paling cocok untuk target pasar Anda.

Manfaatkan Keuntungan dari Biaya Rendah Untuk Penarikan Pelanggan

Tarif  pasar iOS  yang sangat kompetitif disebabkan oleh persaingan besar antara pengembang. Android menawarkan peluang besar untuk mengembangkan segmen pasar Anda sendiri dan menguji strategi baru dengan harga jauh lebih rendah.

Pastikan Kemudahan Pencarian Yang Maksimal Untuk Nama Aplikasi Anda

Tentukan kata kunci yang paling relevan dan pastikan Anda memasukkan kata kunci itu ke dalam nama aplikasi Anda. Strategi ini berpotensi dan memungkinkan pencarian untuk aplikasi Anda di peringkat ke-80-100 dari hasil pencarian.  Jadi jika Anda ingin memaksimalkan dampaknya, cobalah untuk mengganti nama aplikasi Anda dalam judul dengan deskripsi yang kaya dengan kata kunci. Sertakan nama aplikasi ke dalam deskripsi – cara ini membuat pengguna tidak akan memiliki kesulitan menemukan dengan nama tadi Tidak seperti iOS, di Google Play hal tersebut dimungkinkan.

Tahu Caranya Menggunakan Kata Kunci

Bertindak bijaksana ketika menggunakan kata kunci dalam deskripsi app – termasuk setiap kata kunci yang relevan tidak lebih dari lima kali. Hal ini dapat membantu meningkatkan peringkat aplikasi Anda dalam hasil pencarian dengan kemungkinan menempati posisi 10-20. Pastikan Anda tidak berlebihan melakukannya.

Kegiatan Bersifat Jangka Panjang adalah Yang Terbaik

Google Play membuat penilaian aplikasi berdasarkan pada daya tarik terhadap pengguna dalam rentang waktu jangka panjang – maksudnya adalah: aplikasi yang menarik dan mempertahankan sejumlah besar pengguna yang puas selama periode yang cukup kan mendapat peringkat yang sangat tinggi. Pastikan kampanye promosi dan pemasaran Anda adalah strategi jangka panjang. Setidaknya aktivitas pemasaran yang diproyeksikan tidak kurang dari 2-3 bulan (tidak seperti kampanye jangka pendek di pasar iOS).

Selalu Bertujuan Untuk Loyalitas Pengguna

Loyalitas pelanggan memiliki dampak besar pada peringkat aplikasi Anda, sehingga Anda mungkin ingin menyesuaikan strategi pemasaran Anda untuk menentukan jenis iklan  apa yang paling menarik untuk segmen tersebut.

Jangan Takut Untuk Bereksperimen

Jangan ragu untuk menguji semua jenis strategi pemasaran untuk mempromosikan aplikasi Android Anda. Dalam jangka panjang Anda akan dapat menerapkan temuan Anda tadi untuk diterapkan juga ke aplikasi versi iOS Anda tanpa risiko besar. Hal ini  akan menguntungkan Anda lagi.

About Samuel Henry

Saya seorang Gamer. Itu pekerjaan utama saya, sementara sampingan yang lain adalah Pembicara baik untuk bidang Teknologi & Softskill, juga sering menjadi Coach & Trainer untuk bidang IT, saya penulis buku, dan saat ini saya menjadi Mentor di Jogja Digital Valley (JDV) Hobby saya menulis, melukis dan menggambar serta mendengar musik. Saya suka topik kreativitas, karena saya percaya kita mendapat anugerah kreatif agar kita tidak lupa menjadi bagian dari Pencipta.